Israel akan Bangun Tembok Bawah Tanah untuk Tangkal Terowongan Hamas

BLOKBERITA, TEL AVIV --  Israel telah kembali meruntuhkan terowongan bawah tanah yang diyakini milik Hamas.  Israel pada Sabtu (13/1/2018) lalu kembali menghancurkan terowongan yang membentang dari Jalur Gaza masuk ke dalam wilayahnya dan berlanjut hingga Mesir.

Juru bicara militer Israel Jonathan Conricus mengatakan, terowongan tersebut diyakini akan digunakan untuk melancarkan serangan dan bukan sekadar penyelundupan.
Conricus mengatakan, pihaknya tidak memperhatikan jumlah korban yang timbul dari serangan ke terowongan yang masih dalam tahap pengerjaan itu.

Terowongan bermula dari timur kota Rafah di Jalur Gaza, melewati wilayah Israel sepanjang 180 meter dan berlanjut hingga Mesir. Titik keluar terowongan belum dapat dipastikan.
Dalam melancarkan serangan kali ini, militer Israel juga telah berkoordinasi dengan Mesir.
Terowongan yang dihancurkan akhir pekan lalu menjadi yang ketiga sejak akhir Oktober lalu oleh Israel.

Sebelumnya pada 30 Oktober 2017 lalu, operasi militer Israal telah menghancurkan terowongan milik militan Islam yang menewaskan 12 anggota militer Palestina.
Menteri Pertahanan Israel Avigdor Lieberman mengatakan, menghancurkan jaringan terowongan yang mengancam mereka merupakan bagian penting dalam kebijakan untuk secara sistematis menghancurkan kemampuan strategis Hamas.

" Pesan kepada pemimpin Gaza dan penduduknya sangat jelas. Berinvestasilah pada mempertahankan hidup bukan terowongan untuk kuburan," kata Lieberman.

Israel mengklaim telah menemukan cara baru dalam menemukan dan mengidentifikasi terowongan bawah tanah, kemudian menghancurkannya.

Israel juga berencana membangun tembok di bawah tanah di sekitar jalur Gaza untuk mencegah terowongan-terowongan bawah tanah yang memasuki wilayah mereka.

Conricus mengatakan, Israel berusaha mempertahankan kedaulatannya dengan menghancurkan terowongan dan bukan untuk meningkatkan ketegangan.

Seperti diketahui, tensi antara Palestina dengan Israel kembali memanas setelah pengakuan Presiden AS Donald Trump atas Yerusalem sebagai ibu kota Israel.  (plo/AFP/kmps)
View

Related

GLOBAL 1817590780148350239

Posting Komentar

Follow us

Terkini

Facebook

Quotes



















ads

loading...

Connect Us

loading...
item