Inilah 5 Pemain Sepak Bola dengan Transfer Termahal di Dunia

BLOKBERITA — Rekor transfer termahal pemain sepak bola kembali pecah. Belum genap setahun sejak kepindahan Paul Pogba yang bernilai 89 juta poundsterling (setara Rp 1,5 triliun) dari Juventus ke Manchester United, rekor termahal kembali dibukukan.
Kali ini sang pemecah rekor adalah Neymar. Pemain Barcelona itu memutuskan menyeberang ke klub kaya Prancis, Paris Saint-Germain (PSG), dengan transfer sebesar 222 juta euro atau 200 juta poundsterling. Angka tersebut setara Rp 3,5 triliun. Membuat nilai kepindahan Paul Pogba ke Setan Merah menjadi tak ada artinya. Liliput.
Transfer fantastis tersebut membuat gempar tak hanya karena nilainya. Tapi juga adu gengsi negara-negara sepak bola Eropa. Jika sebelumnya rekor transfer termahal dominan bermuara ke klub-klub Spanyol (antara Real Madrid dan Barcelona) kali ini justru ke negara yang pamor sepak bolanya masih kalah jauh dibanding Inggris dan negeri matador itu: Prancis.
Dari lima besar transfer termahal, dua di antaranya dilakukan Real Madrid. Yakni ketika tim berjuluk Los Blancos itu mendatangkan Gareth Bale pada 2013 dan Cristiano Ronaldo pada 2009. Dua lainnya dilakukan oleh tim Inggris, Manchester United (Paul Pogba), dan klub Italia, Juventus, saat membeli Gonzalo Higuain dari Napoli. 

Berikut ini daftar lengkap lima rekor transfer termahal pemain sepak bola:

1. Neymar
Klub: Barcelona ke PSG
Nilai: 222 juta euro (Rp 3,5 triliun)
Tahun: 2017
Pemain Brasil, Neymar, memutuskan mengakhiri kebersamaannya selama 4 tahun dengan raksasa Spanyol, Barcelona. Klub Eropa kedua yang menjadi pelabuhan pemain 25 tahun itu adalah klub kaya Prancis, PSG. Klub milik Qatar Investment Authority (QIA) itu rela merogoh kocek sebesar 222 juta euro demi mantan pemain Santos itu.
Kepindahan itu tak hanya membuat Neymar menjadi pemain termahal sedunia. Tapi juga membuatnya lepas dari bayang-bayang Lionel Messi. Selama 4 tahun di Blaugrana, Neymar tak pernah menjadi bintang utama. Dia selalu menjadi “pelayan” Messi. Dan Neymar tak pernah keberatan dengan itu. Kata dia, “Messi adalah mentor saya.”
Sekarang, di PSG, dia tak perlu harus merendahkan dirinya dari pemain lain seperti yang dia lakukan di Barca. Sebab, mereka semua yang akan melayaninya. Kamu hanya perlu mencetak gol, amigo
 
2. Paul Pogba
Klub: Juventus ke Manchester United
Nilai: 89 juta euro
Tahun: 2016
Paul Pogba bukan nama baru di Manchester United. Saat masih sangat belia dia memperkuat klub Setan Merah tersebut setelah memutuskan hijrah dari Prancis, negaranya. Namun, Sir Alex Ferguson, pelatih United kala itu, tak terlalu memberinya tempat. Pogba pun menerima pinangan Juventus.
Rupanya keputusan melego Pogba ke Italia adalah kesalahan besar penghuni Old Trafford itu. Pada 2016 mereka membutuhkan tenaga besarnya di lapangan tengah demi memperkuat rezim baru United di bawah Mourinho.
Hasilnya, United harus mengeluarkan dana besar kepada Pogba. Membuat Pogba mampu melakukan “sweet revenge” kepada mantan klubnya. 

3. Gareth Bale
Klub: Tottenham Hotspur ke Real Madrid
Nilai: 85 juta euro
Tahun: 2013
Talenta “mentah” Gareth Bale di Tottenham Hotspur berhasil diasah dengan sempurna di Real Madrid. Di klub London Utara itu, Bale begitu jauh dari gawang lawan. Justru sangat dekat dengan gawangnya sendiri karena dia berposisi sebagai bek kiri.
Namun, di Los Blancos, dia justru ditempatkan begitu dekat dengan gawang lawan. Tepatnya sebagai winger. Membuat bisa melepas tembakan langsung ke kiper lawan. Dan terbukti, bersama paket Karim Benzema dan Cristiano Ronaldo, mereka bertiga menjadi paket penyerang berlabel BBC yang paling berbahaya seantero jagat. Bahkan hingga sekarang.
Harga 85 juta euro menjadi banderol yang pantas dibayarkan untuk pemain gesit asal Wales tersebut. 

4. Cristiano Ronaldo
Klub: Manchester United ke Real Madrid
Nilai: 80 juta euro
Tahun: 2013
Saat ditahbiskan sebagai pemain terbaik dunia 2008, Cristiano Ronaldo mulai disebut bahwa dia layak untuk memperkuat tim yang lebih besar lagi. Tim yang jauh lebih glamor dari Manchester United, timnya saat itu. Dan tim itu adalah Real Madrid.
Benar saja. Dalam tempo setahun setelah menerima gelar tersebut, dia benar-benar pindah ke ibukota Spanyol. Banderolnya tak main-main. Termahal saat itu dengan biaya transfer 80 juta euro. Namun, Ronaldo mampu menebus harga fantastis itu.
Ronaldo tidak sekadar menikmati statusnya sebagai pemain terbaik dunia, tapi berusaha untuk terus bertahan di level tertinggi tersebut dengan etos kerja yang luar biasa. Terbukti, dia mampu mempersembahkan tiga gelar Liga Champions bagi raksasa Spanyol tersebut. Dan, lagi-lagi, memenangi gelar terbaik dunia hingga tiga kali lagi! 

5. Gonzalo Higuain
Klub: Napoli ke Juventus
Nilai: 75 juta euro
Tahun: 2016
Juventus mendominasi Italia tak hanya dalam perburuan gelar juara. Tapi juga dalam “membajak” pemain-pemain terbaik di kompetisi domestiknya. Napoli yang konsisten berada di papan atas bersama Gonzalo Higuain membuat klub asal Turin itu tertarik.
Tak peduli dengan banderol mahal yang dipatok Napoli, Juve tetap berusaha mendatangkannya. Meski banyak kritikan yang dilayangkan untuk bomber Argentina itu. Misalnya, berat badannya yang sudah tidak ideal dan usianya yang sudah mendekati 30 tahun. Membuatnya tak bisa bakal lama di level tertingginya saat ini.
Satu musim bersama Higuain sudah menghasilkan satu gelar domestik plus menembus final Liga Champions 2016-2017. Masalahnya, sampai berapa lama Higuain bisa mempertahankannya? (bass/rappler.com)
View

Related

SPORT 2074974681235225145

Posting Komentar

Follow us

Terkini

Facebook

Quotes



















ads

loading...

Connect Us

loading...
item