Banyuwangi Ditetapkan sebagai Kota Festival Terbaik di Indonesia

BLOKBERITA, BANYUWANGI -- Kabupaten Banyuwangi dinobatkan sebagai kota festival terbaik atau the best festival city di Indonesia.
Hal tersebut disampaikan Menteri Pariwisata Arief Yahya saat peluncuran Banyuwangi Festival di Jakarta, Jumat (3/2/2017) lalu.
" Untuk tahun 2017, Banyuwangi menggelar sebanyak 72 festival, dan ini luar biasa karena secara kuantitas dan kualitas selalu mengalami peningkatan tiap tahun. Jadi Banyuwangi layak dinobatkan sebagai the best festival city dan di nomor dua adalah Solo yang tahun ini menggelar 57 event selama setahun," jelasnya.
Arief mengatakan, dengan adanya Banyuwangi Fetsival, Kabupaten Banyuwangi mampu meningkatkan kunjungan wisatawan dengan perputaran uang mencapai Rp 1,5 triliun selama setahun.
" Kita pakai hitungan kasar saja, jika kunjungan wisatawan asing yang mencapai 80.000 dan menghabiskan uang rata-rata 500 dollar AS per hari dan wisatawan nusantara yang jumlahnya sekitar Rp 3,2 juta dan menghabiskan sekitar Rp 850.000 sampai Rp 1 juta per hari, maka ada perputaran uang sekitar Rp 1,5 triliun di Banyuwangi," jelas Arief.
Selain itu, Menpar juga mengatakan akan ikut mempromosikan festival yang akan digelar oleh Kabupaten Banyuwangi, terutama yang bertaraf internasional, seperti Internasional Tour de Banyuwangi Ijen, Banyuwangi Ethno Carnival, dan pergelaran Gandrung Sewu.
" Ada 3 event yang akan kami bantu promosikan dan ini masih bisa diganti mungkin ada event lain yang butuh promosi," jelasnya.
Selain itu, dia juga meminta Kabupaten Banyuwangi untuk lebih mengembangkan wisata bahari, termasuk juga mengembangkan marina di Pantai Boom.
" Marina ini bagus karena satu kapal yacht bisa menghasilkan Rp 1 miliar, dan marina yang ada di Pantai Boom Banyuwangi akan menampung 40 kapal yacht dan nanti 2018 akan dikembangkan menjadi 140 kapal yacht, dan setidaknya akan ada Rp 1 triliun dari spending mereka," jelas Menpar. (bass/kmps)
View

Related

REGIONAL 2577156370838380800

Posting Komentar

Follow us

Terkini

Facebook

Quotes



















ads

loading...

Connect Us

loading...
item