Banyak yang Terkecoh, Menulis Kode "@[4:0]" di Facebook Bisa Deteksi Akun

BLOKBERITA -- Kasus mengenai menuliskan kode @[4:0] di kolom komentar status Facebook dan muncul nama Mark Zuckerberg kembali hangat diperbincangkan.

Sebenarnya, kasus ini sudah pernah terjadi sekitar tahun 2015 tapi ada beberapa pengguna yang belum mengetahuinya, termasuk pengguna Facebook Indonesia.

Di sebuah status salah seorang pengguna Facebook di Indonesia ada tulisan seperti di bawah ini:

‘Pada bagian komentar postingan ini ketikkan

@ [ 4 : 0 ]

semua tanpa spasi ya.

jika keluar tulisan "Mark Zuckerberg" (nama si pencipta dunia maya facebook) katanya artinya akun kita aman-aman saja. Jika tidak muncul, artinya kita perlu mengatur ulang setting-an keamanan akun kita..’

Status ini pun banyak dikomentari rekan-rekannya. Ada yang muncul nama Mark Zuckerberg, ada juga yang tidak.

Nah, kasus ini pernah terjadi pada tahun 2015. Tulisannya kurang lebih sama, yaitu:

‘Go into a photo on Facebook and type in the comments @[4:0]. If it changes to Mark Zuckerberg it means your fb hasnt been hacked. Mark Zuckerberg is the creator of fb..’

Banyak orang yang percaya. Karena jika muncul berarti akun Facebook Anda aman dari hacker, sementara jika tidak muncul, maka akun Facebook Anda telah di hack seseorang. Lalu apakah semua itu benar? Berikut penjelasannya.

Facebook diciptakan Mark Zuckerberg pada tahun 2004. Media sosial ini punya fasilitas tagging (menandai) pengguna lain. Untuk menandai pengguna lain, maka pengguna harus mengawalinya dengan tanda @.

Secara internal, Facebook sebenarnya men-tag seseorang berdasarkan akun nomor Facebooknya. Mark adalah orang keempat yang membuat akun di Facebook. Jadi, nomor akunya adalah angka 4 dan ketika Anda mengetik @[4:0] maka otomatis Anda menandai halaman Facebook Mark.

Bahkan, bukan hanya angka 4 jika Anda ingin melihat nomor akun Facebook orang lain. Contohnya adalah @[121037708001617:0], ini merupakan nomor halaman Facebook dari TechWelkin.

Tambahan info lain, untuk akun nomor 1 sampai 3 sebenarnya juga punya Mark. Namun akun tersebut adalah akun pengujian dan telah di hapus. Sementara akun nomor 5 adalah milik Chris Hughes dan akun nomor 6 milik Dustin Moskovitz, keduanya adalah teman Mark saat di Harvard.

Lalu mengapa ada beberapa akun pengguna Facebook yang tidak muncul?

Menurut TechWelkin sendiri, Facebook secara perlahan telah menghilangkan bug ini dari sistem mereka. Para pengguna akun yang telah memperbarui dengan kode baru tidak akan melihat nama Mark Zuckerberg saat mengetik @[4:0]. Tapi pengguna yang akunnya belum diperbarui bisa melihatnya.

Menariknya, Intisari juga telah mencoba mengetikan @[4:0] di kolom komentar. Ada dua percobaan yang kami lakukan. Pertama menggunakan laptop dan kedua dengan smartphone.

Hasilnya, ketika menggunakan laptop, nama Mark Zuckerberg tidak muncul. Sementara ketika menggunakan smartphone nama Mark Zuckerberg muncul.

Hal serupa kami lakukan ketika menulis nomor kode TechWelkin yaitu @[121037708001617:0]. Di laptop tidak muncul, sedangkan di smartphone muncul.

Jadi, jika tidak muncul nama Mark Zuckerberd apakah akun Facebook saya tidak aman?

Sejujurnya belum ada jawaban pasti. Apalagi melihat jika nama bisa muncul tergantung menggunakan platform apa. Hanya saja, sebagai pengguna media sosial kita harus selalu waspada tentang keamanan akun.

Selalu gunakan password yang kuat dan jangan lupa meng-logout akun Anda jika membukanya di beberapa platform umum.  (bazz/tribunn/intisarionline/thatsnonsense.com/techwelkin.com)


View

Related

IPTEK 3184192200657770868

Posting Komentar

Follow us

Terkini

Facebook

Quotes



















ads

loading...

Connect Us

loading...
item