Jalan Kaki Menghirup Keindahan Taman di Kusatsu Onsen

BLOKBERITA, KUSATSU --  Bagaimana cara menikmati keindahan kota Kusatsu di Prefektur Gunma, Jepang saat musim dingin?

Cobalah jalan kaki karena menyehatkan dan menghangatkan tubuh. Sambil berjalan, badan selalu bergerak, mata memandang alam sekitar dan udara segar menerpa tubuh.

Jumat (2/12/2016), KompasTravel dan empat travel agent di Indonesia yang diundang Tokyo Rail Days dalam program famtrip ke Jepang untuk memperkenalkan paket wisata 'Kanto Buffet' sengaja memilih berjalan kaki untuk melihat dan merasakan suasana di kota Kusatsu yang terkenal dengan onsennya itu.

"Awas licin, es, hati-hati," kata Nomoto Takayuki selaku Managing Director SMI Travel Indonesia kepada KompasTravel ketika memulai perjalanan di Kusatsu.
KOMPAS.COM/I MADE ASDHIANA Suasana Kusatsu Onsen di Prefektur Gunma, Jepang, Jumat (2/12/2016). 
 
Meski waktu menunjukkan pukul 10.00 temperatur udara berkisar 5 derajat celcius. Di jalan-jalan masih terlihat sisa-sisa salju yang turun semalam. Maklum, bulan Desember merupakan musim dingin di Jepang. Walaupun sang mentari memancarkan sinar, toh udara dingin begitu terasa menusuk-nusuk tubuh padahal sudah berbalut jaket tebal. Brrr.... dinginnya.

Kami berjalan menuju Sai No Kawara Park yang letaknya tak jauh dari Yubatake yang dikenal sebagai kolam air panas yang menjadi simbol Kusatsu Onsen. Yubatake ini mampu menampung 4.000 liter air panas.

KOMPAS.COM/I MADE ASDHIANA Kotak pos kuno di Kusatsu Onsen, Prefektur Gunma, Jepang, Jumat (2/12/2016). 

Air panas tersebut berasal dari sumber air panas alami di kaki Gunung Shirane pada ketinggian 1.200 meter di atas permukaan laut (mdpl) yang mengalir ke Yubatake melalui saluran yang terbuat dari kayu dan bermuara di kolam penampungan.

Menyusuri jalan yang cukup untuk dua mobil berpapasan itu tak ubahnya seperti kita diajak mengenal lebih dalam kehidupan masyarakat Jepang di pedesaan yang jauh dari keramaian kota.

Sepanjang jalan menuju taman Sai No Kawara, pandangan mata selalu mengarah ke toko-toko yang menjual suvenir dan rumah-rumah penduduk yang rata-rata berukuran mungil.

KOMPAS.COM/I MADE ASDHIANA Sai No Kawara Park di Kusatsu Onsen, Prefektur Gunma, Jepang, Jumat (2/12/2016).    

Bisa dikatakan, sulit menemukan rumah berukuran besar atau mewah di sini. Rumah-rumah di Kusatsu hampir seragam, berukuran kecil dan sederhana. Demikian pula mobil yang parkir di samping rumah juga berukuran kecil.

Saking asyiknya berjalan, tanpa sadar posisi berjalan mengambil tengah jalan. "Tit! tit!" klakson mobil berbunyi di belakang.  

KOMPAS.COM/I MADE ASDHIANA Sai No Kawara Park di Kusatsu Onsen, Prefektur Gunma, Jepang, Jumat (2/12/2016).  

"Awas mobil!" teriak Antonius Prima Setyawan, Tour Coordinator Wendy Tour yang menemani rombongan travel agent selama berada di Jepang.

Tak melulu bertemu toko-toko suvenir, kadang kami melewati toko yang menjual makanan. Tiba-tiba rombongan kami didekati pegawai toko makanan dengan ramah menawarkan makanan untuk dicoba. Gratis!

KOMPAS.COM/I MADE ASDHIANA Tawaran mencoba bakpao gratis sebelum memasuki Sai No Kawara Park di Kusatsu Onsen, Prefektur Gunma, Jepang, Jumat (2/12/2016).   

Laki-laki tersebut dengan bahasa Jepang menawarkan makanan. Kami pun tak menolak untuk mencobanya. Hmmm enak... Rasanya mirip bakpau. Tak hanya bakpau, pegawai toko itu juga menyodorkan nampan yang berisi beberapa cangkir teh hijau. Wow... dingin-dingin begini ketemu minuman panas? Justru ini yang dicari.

"Itu sejenis bakpau yang isinya kacang merah," kata Prima menjelaskan soal makanan tadi.

Nikmat benar rasanya. Ditawari gratis lagi. Bahkan wisatawan lain tak membuang-buang waktu berlagak atau berpura-pura seperti karyawan tadi memegang bakpau dan meminta keluarganya untuk mengambil gambar. Senyum lebar terlihat di wajahnya.

KOMPAS.COM/I MADE ASDHIANA Sebuah kuil di Sai No Kawara Park, Kusatsu Onsen, Prefektur Gunma, Jepang, Jumat (2/12/2016).   

Memasuki taman Sai No Kawara, udara dingin semakin menusuk. Pengunjung taman seakan tak peduli dengan dinginnya udara siang itu. Sepanjang perjalanan memasuki taman, di sisi jalan mengalir juga air panas dari sumbernya langsung. Air panas inilah mengalir dan ditampung di Yubatake.

Nemoto mengajak teman dari Dwidaya Tour, Panorama Tour, dan Golden Rama Tour untuk merendam tangan di air panas itu. Nemoto mendekati kolam air panas dan berjongkok sambil merendam tangannya. Memang nikmat merendam tangan yang kedinginan di air panas. Tangan terasa hangat.

KOMPAS.COM/I MADE ASDHIANA Wisatawan merendamkan tangannya di air panas di Sai No Kawara Park, Kusatsu Onsen, Prefektur Gunma, Jepang, Jumat (2/12/2016). 

Kadang kami melewati kuil di sepanjang jalan. Sementara di ujung taman terlihat kolam air panas berukuran besar. Di pinggir kolam, pengunjung duduk-duduk sementara kakinya berendam di kolam air panas.

Sungguh nikmatnya membenamkan kaki di kolam air panas Sai No Kawara Park. Di sekeliling kolam menjulang pohon-pohon yang masih menyisakan daun berwarna merah sisa-sisa musim gugur.

KOMPAS.COM/I MADE ASDHIANA Wisatawan di Sai No Kawara Park, Kusatsu Onsen, Prefektur Gunma, Jepang, Jumat (2/12/2016). 

Berjalan kaki selama satu jam di Sai No Kawara Park sudah cukup menikmati betapa indahnya alam Jepang pada musim dingin. Tak heran bila nama Kusatsu Onsen sangat terkenal di kalangan wisatawan luar negeri dan warga Jepang.

Selain berendam di air panas yang disebut-sebut menyehatkan tubuh, ternyata mata juga disegarkan oleh pemandangan di taman ini.

KOMPAS.COM/I MADE ASDHIANA Wisatawan di Sai No Kawara Park, Kusatsu Onsen, Prefektur Gunma, Jepang, Jumat (2/12/2016). 

Pikiran pun melayang-layang membayangkan saat taman ini memasuki musim gugur, di mana daun-daun berwarna warni. Sangat bagus untuk menjadi obyek foto dan selalu diburu wisatawan.

Apa pun musimnya, Sai No Kawara Park yang memerlukan perjalanan sekitar 3 jam dengan kereta api dari Tokyo dan dilanjutkan dengan bus Kanto ke Kusatsu Onsen ini selalu menarik untuk dikunjungi wisatawan. (bmw/kmps)
View

Related

Travel & Tour 4288784699829791589

Posting Komentar

Follow us

Terkini

Facebook

Quotes



















ads

loading...

Connect Us

loading...
item