Inilah 11 Perguruan Tinggi Terbaik di Indonesia 2015 versi Kementrian Ristek-Dikti

BLOKBERITA -- Belum lama ini Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Ristek Dikti) telah melansir hasil klasifikasi serta pemeringkatan Perguruan Tinggi di Indonesia kepada publik. Yang untuk pertama kalinya pemeringkatan perguruan tinggi di Indonesia itu dilakukan, demikian ungkap Direktur Jenderal Kelembagaan Ilmu Pengetahuan Teknologi dan Pendidikan Tinggi Kemenristek Dikti, Patdono Suwignjo, dan tujuan pemeringkatan ini sendiri, tutur Patdono, untuk memberikan sebuah informasi kepada masyarakat Indonesia.
Pada Senin 17 Agustus 2015, Patdono mengatakan, “ Kami juga ingin selalu mendorong perguruan tinggi untuk mengembangkan kapasitas akademik dan non akademiknya dengan adanya peringkat ini"
Dan lebih lanjut beliau juga menjelaskan, bahwa berdasarkan data klasifikasi, pemerintah menetapkan 11 perguruan tinggi terbaik di Indonesia. Yang dimana data tersebut diambil berdasarkan laporan dari perguruan tinggi Indonesia di Pangkalan Data Perguruan Tinggi dan data eksternal Badan Akreditasi Nasional-Perguruan Tinggi (BAN-PT) per Desember 2014. Selanjutnya Kemenristek Dikti kemudian memberi skor dari skala 1-4 terhadap pemeringkatan ini.
Berikut daftar 11 perguruan tinggi terbaik di Indonesia:
1. Institut Teknologi Bandung (3,743)
2. Universitas Gajah Mada (3,690)
3. Institut Pertanian Bogor (3,490)
4. Universitas Indonesia (3,412)
5. Institut Teknologi Sepuluh November (3,289)
6. Universitas Brawijaya (3,217)
7. Universitas Padjajaran (3,075)
8. Universitas Airlangga (3,064)
9. Universitas Sebelas Maret (3,035)
10. Universitas Diponegoro (2,983)
11. Universitas Hasanuddin (2,978)
Menurut penjelasan Patdono, peringkat ini disusun berdasarkan empat kriteria: 

(1) kualitas dosen atau sumber daya manusia,
(2) kualitas manajemen dan organisasi,
(3) kualitas kegiatan kemahasiswaan, dan
(4) kualitas penelitian dan publikasi ilmiah.
Jadi, menurutnya, universitas atau perguruan tinggi yang paling rajin memasukkan data-data soal kondisi universitasnya atau perguruan tingginya berpeluang besar masuk dalam kriteria terbaik ini.
Kemenristek Dikti juga telah menyiapkan program pembinaan agar mereka selalu dapat bersaing dengan universitas-universitas terbaik di dunia untuk kesebelas universitas terbaik ini. Ungkap Patdono.
Dan sebagai sebuah informasi, baru ada dua universitas, yaitu ITB dan UI, yang sudah masuk dalam 500 universitas terbaik dunia.
Kementerian juga menargetkan IPB, UGM, dan Universitas Airlangga untuk juga bisa segera masuk dalam 500 peringkat dunia pada 2019.
Selain juga mengumumkan 11 universitas terbaik, hari ini Kemenristek dikti juga telah mengelompokkan beberapa universitas yang unggul dalam masing-masing kriteria yang telah dibuat oleh kementerian.
Dan berdasarkan kualitas manajemen tersebut, perguruan tinggi terbaik diraih oleh Politeknik Elektronik Negeri Surabaya. dan selanjutnya diikui oleh: Universitas Gunadarma, ITS, UGM, UI, ITB, IPB, Universitas Kristen Petra, Universitas Sebelas Maret, dan Universitas Islam Indonesia.
Selain itu untuk kategori kualitas penelitian dan publikasi, Kementerian Ristek dan Dikti juga telah mengelompokkannya pada dua bagian. Yang pertama, dinilai berdasarkan kualitas penelitian dan publikasi yang diraih ITB. Diikuiti oleh oleh IPB, UI, UGM, Unpad, Universitas Hasanuddin, Universitas Sebelas Maret, Universitas Brawijaya, ITS, dan Undip.
Kategori kualitas kegiatan mahasiswa ini diraih oleh UGM. Diikuti oleh ITS, Universitas Brawijaya, ITB, IPB, UI, Universitas Airlangga, Universitas Negeri Yogyakarta, Universitas Jenderal Soedirman, dan Undip.
Kategori perguruan tinggi terbaik berdasarkan kualitas dosen atau sumber daya manusia, peringkat terbaik diraih IPB disusul UGM, ITB, Universitas Negeri Malang, UI, Universitas Negeri Makassar, ITS, Universitas Negeri Yogyakarta, Universitas Airlangga, dan Universitas Bengkulu.
" Pada dasarnya peringkat ini dibuat agar kementerian bisa lebih mudah mengembangkan program pembinaan agar selalu tepat sasaran untuk universitas yang ada di Indonesia, baik negeri maupun swasta."

[ bmw / tempo / antara ]
View

Related

IPTEK 4085834476405759865

Posting Komentar

Follow us

Terkini

Facebook

Quotes



















ads

loading...

Connect Us

loading...
item