Setya Novanto: Saya Mengundurkan Diri Demi Kepentingan yang Lebih Besar


JAKARTA, BLOKBERITA --Setya Novanto mengundurkan diri dari jabatannya sebagai Ketua DPR RI periode 2014-2019. Surat pengunduran diri Novanto diberikan melalui Wakil ketua Mahkamah Kehormatan Dewan (MKD), Sufmi Dasco Ahmad.

Menurut Dasco, surat tersebut diberikan pada pukul 19.45 WIB di gedung Nusantara III, Kompleks Parlemen.

Saat itu, kata Dasco, Novanto tak ditemani pimpinan DPR lainnya.

" Tadi dia bilang, saya titip surat pengunduran diri saya. Saya dengan besar hati mengundurkan diri untuk kepentingan yang lebih besar. Kepentingan bangsa dan negara," ujar Dasco menirukan ucapan Novanto, di depan Ruang Sidang MKD, Rabu (16/12/2015).

Dasco mengaku tak memperhatikan ekspresi Novanto, yang ia lihat hanyalah surat pengunduran diri yang diberikan.

Saat itu, Dasco langsung menuju ke Nusantara III sesaat setelah dihubungi stafnya bahwa ada hal penting berkaitan dengan sidang.

" Dan sudah diinfokan sedikit berkenaan sengan pengunduran diri. Sehingga saya meluncur saja," kata politisi Partai Gerindra tersebut.

Setya Novanto mengundurkan diri dari jabatannya sebagai Ketua DPR RI periode 2014-2019. Pengunduran diri itu menyusul penanganan kasus dugaan pelanggaran kode etik Novanto yang dilaporkan Menteri ESDM Sudirman Said ke Mahkamah Kehormatan Dewan.

Dalam surat yang dilayangkan ke MKD, Rabu malam, Novanto menyatakan, keputusan mundur ini dibuat lantaran dirinya ingin menjaga harkat dan martabat Dewan.

Selain itu, ia ingin agar masyarakat tidak gaduh atas kasus yang sedang menimpanya.  

Meredam Kegaduhan

Anggota staf khusus Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Setya Novanto, Nurul Arifin, membenarkan bahwa Setya mengundurkan diri dari jabatannya sebagai Ketua DPR.

Pengunduran diri itu dilakukan Setya supaya tidak ada kegaduhan lagi.

" Benar, bapak mundur. (Pengunduran diri) demi kepentingan bangsa dan negara agar tidak ada lagi kegaduhan," ujar Nurul dalam pesan singkat yang diterima wartawan, Rabu (16/12/2015).

Setya, kata dia, juga mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang sudah memberikan kepercayaan kepadanya dalam menjalankan tugas selama ini.

" Beliau mengharapkan MKD dapat terus menjalankan tugas dan fungsinya sebagaimana mestinya. Saya bangga dapat mendampingi beliau," kata Nurul lagi.

Surat pernyataan pengunduran diri Setya juga dibacakan dalam rapat pleno paripurna Mahkamah Kehormatan Dewan, Rabu malam.

Sebelumnya, Setya Novanto dilaporkan Menteri ESDM Sudirman Said lantaran diduga mencatut nama Presiden dan Wakil Presiden dalam meminta saham ke PT Freeport Indonesia.

[ bin / dtc / kmps / bbc / lip-6 / rol /tempo ]

View

Related

TOKOH 7438449272179720741

Posting Komentar

Follow us

Terkini

Facebook

Quotes



















ads

loading...

Connect Us

loading...
item