Menguak Kedekatan Luhut dengan Setya Novanto, dari Rekaman hingga Hajatan

BLOKBERITA -- Di tengah sorotan, Menteri Koordinator Politik, Hukum, dan Keamanan Luhut Binsar Pandjaitan hadir dalam hajatan Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Setya Novanto di Hotel Mulia di Senayan, Jakarta, Jumat malam, 4 Desember 2015. Setya menggelar resepsi pernikahan putrinya, Dwina Michaella, dengan Jason Harjono, putra pengusaha Setiawan Harjono (Oei Yung Gie), di hotel tersebut.

Saat Dwina dan Jason melangsungkan pemberkatan pernikahan di Gereja Katedral Jakarta, pada Jumat, 27 November 2015, Luhut pun hadir. Saat pemberkatan itu, menteri Kabinet Kerja lain yang hadir adalah Menteri Perhubungan Ignasius Jonan dan Menteri Pariwisata Arief Yahya. Namun keduanya tak datang saat resepsi kemarin. Pembantu Jokowi yang datang hanya Luhut, Menteri Pertahanan Ryamizard Ryacudu, dan Kepala Badan Intelijen Negara Sutiyoso.



Kedekatan Luhut dan Setya tergambar dalam rekaman percakapan Setya dan pengusaha M. Riza Chalid saat mereka bertemu dengan bos PT Freeport Indonesia, Maroef Sjamsoeddin.  Nama Luhut berulang kali disebut Setya dan Riza. Luhut dianggap bisa menjembatani perpanjangan kontrak Freeport.

“Yang saham. Soal saham itu, saya bicara ke Pak Luhut (Luhut Pandjaitan, Menteri Koordinator Politik, Hukum, dan Keamanan). Kita sudah bicara. Weekend saya ketemu. Biar Pak Luhut yang bicara ke Bapak (Presiden Joko Widodo),” ujar Riza dalam rekaman.

Novanto pun membalas dengan mengatakan pembicaraan tersebut harus segera dilakukan agar urusan cepat selesai. Kemudian Riza langsung mengatakan dirinya berencana menemui Luhut pada akhir pekan. “Kan ini long weekend, hari Minggu nanti saya temui Pak Luhut. Bisa Minggu malam. Biar Pak Luhut cek,” ujarnya dalam rekaman.

Pada kesempatan terpisah, Luhut mengatakan namanya hanya dicatut orang yang bercakap-cakap di dalam rekaman. Ia siap menjelaskan bila Mahkamah Kehormatan Dewan memanggilnya. "Beken juga saya," ujarnya.  (bin/tempo)
View

Related

TOKOH 5893034506354005834

Posting Komentar

Follow us

Terkini

Facebook

Quotes



















ads

loading...

Connect Us

loading...
item