Beragama dengan Akal Sehat, Ade Armando Kritik Hadist Nabi


JAKARTA, LOKBERITA -- Pegiat media sosial, Ade Armando, mengkritik hadis Nabi karena dianggap tidak rasional. Hal ini menyusul pemberitaan terkait perilaku Presiden Joko Widodo yang minum sambil berdiri dan menggun`akan tangan kiri saat berbuka puasa bersama anak yatim beberapa waktu lalu.

Ade mengkritik dua hadis Nabi, pertama yang berbunyi, 'Janganlah sekali-kali salah seorang di antara kalian minum sambil bediri. Apabila dia lupa, hendaknya dia muntahkan' (HR Muslim).
Kedua, 'Jika seseorang dari kalian makan, makanlah dengan tangan kanannya. Dan jika kalian minum, minumlah dengan tangan kanannya, karena setan makan dan minum dengan tangan kirinya' (HR Muslim).

''Hadis semacam ini tak perlu diikuti karena alasan rasional: tidak masuk di akal! Apa urusannya Allah melarang orang makan sambil berdiri atau pakai tangan kiri? Membayangkan bahwa ada setan yang makan dengan tangan kiri juga sama absurdnya,'' tulis Ade seperti dikutip dalam sebuah artikelnya di Madinaonline, Selasa (23/6).

Artikel Ade Armando di situs pimpinannya tersebut menuai banyak komentar. ''Madinaonline media yang sangat hebat, berani menyalahkan nabi dan sahabat nabi yang menulis hadis. Lebih hebatnya lagi Madinaonline tidak berani mengkritik jokowi,'' tulis Muhammad Zihan Saragih.
Salim Al Fatih, pembaca lainnya, ikut menanggapi artikel Ade. ''Bukan tentang masalah rasional atau tidaknya, tapi ini masalah konsekuensi iman yang didapat dari proses rasional. Syariat bukan pada tempatnya untuk membahas secara filsafatis dan dicari rasionalitasnya. Syariat cukup sami'na wa atho'na,'' tulisnya. 

[ bin / rol ]
View

Related

RAGAM 4712406278544448992

Posting Komentar

Follow us

Terkini

Facebook

Quotes



















ads

loading...

Connect Us

loading...
item