Arab Saudi dan Israel Berkoalisi untuk Hadapi Iran

WHASINGTON, BLOKBERITA -- Sebuah koalisi baru demi kepentingan strategis antara Arab Saudi dan Israel segera dibentuk. Pejabat dari dua negara tersebut perlu untuk membahas keprihatinan tentang tindakan Iran di Timur Tengah.

Seorang pensiunan mayor jenderal di angkatan bersenjata Saudi yang kini bertugas di Dewan Hubungan Luar Negeri, Washington, Anwar Eshki, dan mantan duta besar Israel yang dekat dengan Perdana Menteri Benjamin Netanyahu, Dore Gold, menggambarkan kepentingan bersama mereka dalam menentang Iran. Hal itu adalah puncak dari lima pertemuan antara dua orang tersebut.

"Kami berdua sekutu Amerika Serikat," kata Dore Gold yang akan menjadi direktur jenderal Kementerian Luar Negeri Israel. "Saya harap ini adalah awal lebih dari diskusi tentang masalah strategis kita bersama," imbuhnya.

The New York Times melaporkan, memang secara fakta adalah Pemerintah Arab Saudi dan Israel tidak pernah memiliki hubungan diplomatik. Bahkan, Kerajaan Arab Saudi tidak pernah secara resmi mengakui keberadaan negara Yahudi tersebut. Tapi, nyatanya kedua negara tersebut telah secara diam-diam bertukar informasi intelijen selama bertahun-tahun, terutama tentang Iran.

Dalam pertemuan dua pejabat itu, Dore Gold lebih berbicara tentang 'perang ekspansionisme' Iran di Timur Tengah. Iran yang dipimpin Pemerintah Syiah berupa melebarkan kekuasaannya dari Irak ke Suriah hingga Yaman. Sementara itu, pejabat Arab Saudi Anwar Eshki berbicara tentang tindakan Iran sejak Shah Mohammed Reza Pahlavi yang berkuasa lebih dari 35 tahun yang lalu digulingkan rezim baru.  

[ bmw / the new york time / rol ]
View

Related

GLOBAL 1526986988641016089

Posting Komentar

Follow us

Terkini

Facebook

Quotes



















ads

loading...

Connect Us

loading...
item