Setelah Golkar dan PPP Pecah, Kini Giliran Keraton Yogyakarta Hadiningrat 'Congkrah'

YOGYAKARTA, BLOKBERITA — Semenjak Sabda Raja HB X bergulir sepertinya tak bisa dipungkiri lagi telah terjadi keretakan hubungan di internal keluarga keraton Yogyakarta. Adik dan anak Sri Sultan Hamengku Buwono (HB) X, Rabu (6/5/2015) sore, berziarah ke makam raja-raja Mataram di Imogiri, Kabupaten Bantul. Namun, kedua rombongan datang tidak secara bersamaan.

Adik-adik Sri Sultan HB X yang berziarah antara lain GBPH Prabukusumo, GBPH Hadiwinoto, GBPH Pakuningrat, GBPH Condroningrat, dan beberapa kerabat lainnya, lalu diikuti anak-anak Sri Sultan, yakni GKR Mangkubumi, GKR Maduretno, GKR Condrokirono, GKR Bendoro, serta KPH Wironegoro dan KPH Purbodiningrat.     




Saat ditemui wartawan, GBPH Prabukusumo menuturkan, ziarah ke makam leluhur bertujuan untuk meminta maaf atas kekhilafan Sri Sultan Hamengku Buwono X.

" Berziarah sekaligus meminta maaf. Semoga Sultan menyadari kesalahannya," ucapnya, Rabu (6/5/2015).

GBPH Prabukusumo menuturkan, saat berada di makam Sri Sultan Hamengku Buwono IX, dia memang bertemu dengan rombongan GKR Mangkubumi, tetapi diakuinya keduanya tidak saling menyapa.

" Enggak saling sapa," ucapnya singkat.

Sementara itu, seusai berziarah, GKR Mangkubumi lebih memilih untuk diam saat ditanya wartawan.  



Seperti diketahui, Sabda Tama dan Sabda Raja yang dikeluarkan oleh Sri Sultan HB X beberapa waktu lalu menuai pro dan kontra di kerabat Keraton Yogyakarta. Terkait polemik yang ada, rencananya, minggu depan, Sri Sultan HB X akan memanggil semua kerabat keraton.   


Red. Congkrah / Cengkrah (idiom jawa) artinya terjadi perselisihan yang menjurus ke permusuhan dan perpecahan.

[ bmw / kmps / oke / kr / sm ]
View

Related

REGIONAL 3916354503344944905

Posting Komentar

Follow us

Terkini

Facebook

Quotes



















ads

loading...

Connect Us

loading...
item