Inilah Negara Terbaik dan Terburuk untuk Membesarkan Anak

BLOKBERITA -- Menurut Anda, di negara mana Anda dan para ibu lainnya dapat dengan nyaman membesarkan buah hati Anda? Mother Index atau Indeks Para Ibu yang dirilis tahunan oleh Save The Children memiliki jawabannya. Negara-negara di kawasan Skandinavia merupakan tempat terbaik untuk membesarkan anak-anak.

Norwegia berada pada peringkat pertama indeks tersebut. Negara Eropa utara tersebut memiliki tingkat kematian bayi paling rendah di dunia. Dari setiap 1.000 orang bayi yang lahir, hanya 2,8 bayi yang meninggal sebelum mencapai usia 2,8 tahun. Selain itu, risiko kematian ibu di Norwegia hanya mencapai angka 1 dari 14.900.

Lalu, setelah Norwegia adalah negara-negara Skandinavia lainnya yang berhasil menempati
lima besar, seperti Finlandia, Islandia, Denmark, dan Swedia. Belanda berada pada peringkat enam, posisi berikut ditempati Spanyol dan Jerman. Negara tetangga Indonesia, Australia, berada pada peringkat ke-sembilan sebagai tempat terbaik untuk membesarkan anak, diikuti oleh Belgia.

Adapun negara-negara terburuk untuk membesarkan anak adalah di negara-negara Afrika
bagian barat dan tengah. Menurut laporan yang dipublikasikan oleh Save The Children, kondisi
ibu dan anak di negara-negara tersebut dideskripsikan sebagai kondisi yang menyeramkan.
Tingkat kematian bayi maupun ibu sangat tinggi, diikuti pendapatan per kapita dan tingkat
pendidikan yang rendah.

Somalia berada pada urutan teratas sebagai tempat paling buruk untuk membesarkan anak. Di negara tersebut, dari 1.000 orang bayi yang lahir, sebanyak 145,6 diantaranya meninggal dunia sebelum menginjak usia lima tahun. Selain itu, besaran risiko kematian ibu adalah 1 dari 18 orang.

Indeks ini dikompilasikan dengan menggunakan data dari Perserikatan Bangsa-bangsa (PBB)
dalam lima area penting, yakni kesehatan wanita, kesehatan anak, pencapaian pendidikan,
kesejahteraan ekonomi, dan partisipasi wanita di kancah politik. Dari kelima aspek tersebut kemudian diperoleh hasil bahwa negara-negara Skandinavia mencapai posisi lima besar. 

[ bass / female / kmps }


View

Related

RAGAM 1993963079965138471

Posting Komentar

Follow us

Terkini

Facebook

Quotes



















ads

loading...

Connect Us

loading...
item