Inilah 'Jet Man' si Manusia Terbang Masa Kini

WINCONSIN, BLOKBERITA -- Seorang petualang Swiss membuat penerbangan publik pertama di Amerika Serikat musim panas ini dengan kostum jas jet ciptaannya. Seperti dilansir dari Saudi Gazette. Dia adalah orang pertama dan satu-satunya dalam sejarah penerbangan yang mampu terbang sendiri dengan sayap yang didorong jet.
 
Yves Rossy yang juga dikenal sebagai “Jetman” (Manusia Jet) tampil di Experimental Aircraft Association’s AirVenture/EAA AirVenture (Asosiasi Proyek Udara Eksperimen Penerbangan) di Wisconsin. Pada hari Senin (29/7) dia menunjukkan sayap jet karbon Kevlar-nya dengan empat mesin.
 
Penerbangan publik pertamanya di Amerika Serikat diatur pada hari Selasa (30/7). Yves Rossy mengatakan dia berharap menginspirasi orang dengan penerbangannya. Dia mampu mendorong dirinya melewati langit hingga 190 mph (306 kph), mengendalikan jas jet-nya dengan tuas di tangannya. Dia dapat mencapai ketinggian 12 ribu kaki (3600 meter).
 
EAA AirVenture (proyek udara) berlangsung hingga 4 Agustus di Oshkosh. Penerbangan Yves Rossy akan menjadi bagian dari pameran eksperimen dirgantara selama seminggu. Dia juga dijadwalkan terbang di Reno Air Races pada bulan September. 
 
10 Tahun Eksperimen
 
Jetman, julukan yang melekat pada Yves Rossy karena aksi terbangnya tanpa menggunakan pesawat terbang. Mantan pilot pesawat militer asal Swiss ini menggunakan sayap bertenaga jet untuk mengarungi birunya langit. 
 Jetman memang menggemari dunia penerbangan terutama pesawat jet militer semenjak usia dini seperti yang ditulis di situs jetman.com. Sang manusia jet mempunyai hasrat untuk dapat terbang se-alami mungkin tanpa harus menaiki pesawat terbang. Untuk memenuhi impiannya tersebut, Rossy sering melakukan percobaan yang dapat membuat dirinya terbang dengan perangkat seminim mungkin.

Setelah melakukan riset dan percobaan selama 10 tahun dan membuat lebih dari 15 purwarupa Rossy akhirnya mampu menciptakan perangkat aviasi yang mampu membuat dirinya terbang layaknya Superman di langit. Pada bulan Mei 2008, Jetman melakukan terbang perdananya melintasi pegunungan Alpen disaksikan oleh media massa dari seluruh dunia.

Sejak saat itu popularitasnya membumbung tinggi. Jetman pernah mengadu kecepatan dengan Toni Gardemeister, pereli WRC asal Finlandia di Top Gear, sebuah program otomotif miliki stasiun televisi BBC. Baru-baru ini Jetman memukau masyarakat Wisconsin dengan melakukan aksi terbangnyadi ajang airshow seperti yang dilansir dari situs berita BBC.
 

[ mrhill / ganlob / sh ]
View

Related

TOKOH 5675125773060616812

Posting Komentar

Follow us

Terkini

Facebook

Quotes



















ads

loading...

Connect Us

loading...
item