Inilah 4 Cara Agar Bagasi Anda Aman di Pesawat

JAKARTA, BLOKBERITA -- Sama halnya dengan penerbangan yang batal, hilangnya bagasi saat sedang bepergian merupakan pengalaman yang amat mengerikan bagi pelancong. Jika seperti itu, kebanyakan penumpang lantas menyalahkan pihak maskapai dengan berbagai cara yang mengisyaratkan kehilangan bagasi itu sepenuhnya bukan mejadi kesalahan penumpang.

Kehilangan bagasi tak bisa dianggap enteng. Berikut empat cara untuk memperkecil kesempatan kehilangan bagasi Anda, serta beberapa cara yang harus dilakukan jika bagasi Anda hilang.

Datang Lebih Awal

Banyak maskapai merekomendasikan para penumpang untuk tiba di bandara setidaknya satu jam sebelum keberangkatan. Waktu tersebut membuat barang bawaan Anda memiliki waktu lebih untuk tahapan screening. Sebelum menaruh tas ke ban berjalan saat check-in, pastikan label rute pada tas sudah benar menuju destinasi akhir perjalanan Anda.

Jika Anda harus transit, hindari penerbangan yang memiliki waktu transit pendek. Sebab, kemungkinan kehilangan bagasi akan meningkat. Jika penerbangan Anda yang berikutnya terlambat, itu juga mempengaruhi waktu penanganan transfer bagasi dari satu penerbangan ke penerbangan lain.

Saat check-in pada penerbangan pertama, tanyakan pada pihak maskapai apakah bagasi Anda akan dipindahkan secara otomatis ke pesawat selanjutnya atau Anda sendiri yang harus memindahkannya. Jika tidak, bertanggung jawablah untuk untuk mendapatkan kembali bagasi Anda dari klaim bagasi hingga melakukan pengecekan kembali yang tentunya memakan waktu singgah lebih lama.

Persiapkan Bawaan Anda

Mungkin ini bukanlah sebuah saran yang baru, namun menandakan tas Anda dengan sabuk atau pita terang serta apapun yang mudah untuk dikenali merupakan cara terbaik untuk menghindari bagasi Anda tertukar dengan penumpang lain. Jangan lupa taruh informasi kontak Anda di dalam tas jadi jika label identitas di luar rusak, pihak maskapai tetap memiliki cara untuk menghubungi anda.

Jangan taruh barang berharga di koper bagasi. Taruhlah di ransel atau tas jinjing. Saat packing, foto barang-barang yang ada di dalam koper. Mengetahui daftar barang bawaan Anda tentu mempermudah maskapai jika tas Anda hilang. Setelah semua dipak, foto lagi bagian luarnya atau jika bisa berdiri di samping koper Anda untuk memberikan gambaran pihak maskapai mengenai kisaran ukuran koper selain warna dan juga bentuk.

Gunakan Alat Pelacak

Beberapa perusahaan menjual beragam jenis alat pelacak yang pada dasarnya menggunakan teknologi GPS dan disandingkan dengan aplikasi smartphone untuk membantu mengawasi tas Anda. Meski begitu, alat ini tidak bisa mencegah tas untuk tidak hilang, mereka hanya bisa membantu menemukan tas Anda jika benda tersebut hilang dan mempercepat proses pengembaliannya ke maskapai.

Ketahui Hak Anda

Jika tas Anda telah hilang, ajukan laporan ke maskapai sebelum meninggalkan bandara. Pastikan maskapai Anda bertanggung jawab memberikan salinan laporan beserta nama dan kontak mereka yang dapat dihubungi lebih lanjut. Pastikan juga tas Anda tiba tanpa biaya tambahan.

Beberapa maskapai menyediakan uang untuk biaya kompensasi. Jika mereka tidak menyediakan uang tunai, tanya pada mereka di mana tempat penukaran uang itu dan pastikan Anda memiliki struknya. Jika tas Anda benar-benar hilang, buatlah laporan lebih rinci lagi yang berisi barang apa saja yang ada di dalam tas itu.

[ bmw / kmps ]
View

Related

GAYA HIDUP 3248077200185091967

Posting Komentar

Follow us

Terkini

Facebook

Quotes



















ads

loading...

Connect Us

loading...
item