Barcelona Melenggang ke Final Champion Setelah Ganyang Muenchen 5-3

ALLIANZ, BLOKBERITA -- Barcelona melenggang ke final piala Champion usai menang agregat 5-3 atas Bayern Muenchen pada leg kedua semifinal Liga Champions Eropa di Allianz Arena, Rabu dini hari Wib.

Pada laga leg kedua ini Bayern Muenchen mampu menang 3-2 namun skor itu tidak cukup menutup defisit ketertinggalan 0-3 di leg pertama sehingga Barcelona dipastikan ke final dengan agregat 5-3.

Lawan Barcelona di final yang akan digelar di Berlin akan ditentukan oleh hasil pertandingan antara Real Madrid vs Juventus (agregat 1-2) pada Kamis besok.

Jalannya laga

Bayern Muenchen yang mengusung taktik menyerang dengan taktik 4-4-2 mencoba mengandalkan ketajaman Robert Lewandowski dan Muller di lini terdepan.

Tim tuan rumah berjuluk FC Hollywood berhasil mencetak gol pembuka melalui sundulan pemain asal Maroko, Mehdi Benattia, memaksimalkan umpan sepak pojok Xabi Alonso di menit ke-7.

Namun keunggulan Muenchen tidak bertahan lama karena Neymar mencetak gol penyeimbang 1-1 usai menerima umpan Suarez yang lolos dari perangkap offside di menit 15.

Barcelona menerapkan pola formasi 4-3-3 dengan skema serangan balik dari tengah yang langsung mengumpan kepada Suarez yang berposisi sebagai penyerang sisi kanan.

Suarez kembali menjadi aktor terciptanya gol kedua Neymar di menit 29. Pemain timnas Uruguay itu lolos dari jebakan offside kemudian menggiring bola ke mulut gawang Muenchen dan memberikan umpan pendek kepada Neymar yang tidak terjaga.

Pada menit 39, Ter Stegen melakukan penyelamatan gemilang dengan menepis bola sepakan Lewandowski. Bola tersebut kemudian terlepas dan bergulir ke atas garis gawang namun Ter Stegen sigap membuang bola itu. Skor 2-1 bertahan hingga jeda babak pertama.

Pada babak kedua Lewandowski mencetak gol 2-2 setelah menerima umpan Bastian Schweinsteiger dari lini tengah di menit 58.

Bayern kembali mencetak gol keunggulan 3-2 melalui sepakan Thomas Mueller setelah menerima umpan Bastian Schweinsteiger di menit 74.

Menjelang akhir laga, Bayern Muenchen kerap melancarkan serangan namun selalu kandas di penyelesaian akhir. Lewandowski memiliki dua peluang pada tujuh menit sebelum laga berakhir, namun tidak berbuah gol sehingga skor agregat 5-3 kemenangan Barcelona tidak berubah.

Laga ini berlangsung ketat karena wasit Mark Clattenburg harus mengeluarkan tujuh kartu kuning sepanjang pertandingan.

Menurut statistik Livescore, Muenchen unggul 54 berbanding 46 persen penguasaan bola dengan delapan sepakan ke gawang sementara Barcelona hanya lima.

Berikut susunan pemain Barcelona vs Bayern Muenchen:

Bayern Muenchen (4-4-2): Neuer, Rafinha, Boateng, Benatia, Bernat, Alonso, Lahm (Sebastian Rode), Thiago, Schweinsteiger (Martinez), Lewandowski, Müller (Goetze)

Barcelona (4-3-3): Ter Stegen, Alves, Piqué, Mascherano, J.Alba, Busquets, Iniesta (Xavi), Rakitić (Mathieu), Suárez (Pedro Rodriguez), Messi, Neymar

Skor: Bayern Muenchen 3 - 2 Barcelona (Agregat 3-5)
Gol: Mehdi Benatia 7, Robert Lewandowski 59, Thomas Mueller 74 -- Neymar 15, 29
Wasit: Mark Clattenburg (Inggris).

Optimis Tembus Trebel Winner

Pelatih Barcelona Luis Enrique mengatakan timnya berada dalam posisi yang tepat untuk memenangkan tiga gelar (treble winner) usai menyingkirkan Bayern Munich.

Barcelona mengemas kemenangan agregat 5-3 untuk melaju ke ke final Liga Champions 6 Juni di Berlin. Mereka juga akan meladeni Athletic Bilbao di final Copa del Rey pada 30 Mei, dan hanya perlu satu kemenangan dari dua pertandingan La Liga untuk memastikan juara Liga Spanyol.

" Sensasi kami sangat positif. Secara umum, ini adalah posisi yang luar biasa untuk berada di mana kami hanya perlu satu kemenangan di masing-masing laga di tiga kompetisi untuk memenangkannya. Ini adalah saat yang sangat bagus, kami harus memenangkan semuanya," kata Lius Enrique setelah laga kepada ESPN, Selasa.

Pelatih Barcelona itu mengatakan gol Neymar di babak pertama telah menjadi titik penting lolosnya tim ke final.

" Saya selalu merasa sulit, setiap pertandingan memiliki kesulitan," kata dia. " Hari ini kami memiliki hasil yang baik dari leg pertama, yang memaksa lawan melakukan banyak hal untuk menyerang dan mengambil risiko."

" Kami tahu hal yang sesuai karakteristik pemain. Mereka mencetak gol awal dari sudut, tapi kami bereaksi dengan menciptakan banyak peluang," kata bekas pelatih AS Roma itu.

Pencetak Gol Terbanyak

Berikut daftar pencetak gol terbanyak Liga Champions setelah pertandingan Selasa waktu setempat atau Rabu WIB, seperti dilaporkan AFP:

10: Messi (Barcelona)

9: Cristiano Ronaldo (Real Madrid), Luiz Adriano (Shakhtar Donetsk), Neymar (Barcelona)

7: Martinez (Porto), Mueller (Bayern Munich), Tevez (Juventus)

6: Aguero (Man City), Benzema (Real Madrid), Cavani (Paris SG), Lewandowski (Bayern Munich), Suarez (Barcelona)

5: Brahimi (Porto), Huntelaar (Schalke 04), Mandzukic (Atletico Madrid).

[ bmw / antara / bolanet ]

View

Related

SPORT 5465864259872804051

Posting Komentar

Follow us

Terkini

Facebook

Quotes



















ads

loading...

Connect Us

loading...
item