Anda Pecinta Batu Mulia? Silahkan Pergi ke Planet Berlian

BLOKBERITA -- Anda pecinta batu mulia? Tentunya sudah tidak asing lagi dengan berlian. Berlian merupakan mineral yang dapat berbentuk kristal dan terbentuk dari karbon.

Berlian menjadi salah satu jenis perhiasan yang memiliki harga tinggi. Selain harga yang selangit, berlian juga dapat memiliki sifat fisika yang istimewa, keras dan dapat mendispersikan cahaya dengan baik.

Baru-baru ini para ilmuan astronomi National Aeronautics ad Space Administration (NASA) di Manua Kea, Hawai, AS, berhasil menemukan sebuah planet di luar Bima Sakti yang memiliki keunikan tersendiri. Planet tersebut kaya dengan kristal karbon alias berlian.

Seperti yang dilansir dari space, Rabu (20/5), Planet WASP-12b salah satu planet yang berada di antariksa. Planet ini memiliki ukuran seperti Jupiter. Planet ini berada jauh dari galaksi Bima Sakti, jaraknya berkisar 1.200 tahun cahaya dari bumi.

Ilmuan dari Princeton University memaparkan bahwa keberadaan berlian di ruang angkasa memang sesuatu yang sangat lazim. Bahkan di Planet Uranus dan Neptunus bahkan dapat terjadi fenomena hujan berlian.

Kondisi planet seperti Uranus dan Neptunus memiliki suhu ekstrem yang dapat menyebabkan pembekuan hingga 8.000 derajat celcius, sehingga karbon atau berlian yang tadinya cair menjadi membeku.

Hujan berlian di Neptunus dapat terjadi karena petir yang menyambar kandungan metana pada atmosfer planet. Kemudian ini akan membebaskan karbon dan menjadikan butiran karbon yang membeku tadi menjadi butiran berlian saat terhempas kembali ke permukaan planet.

Saturnus bahkan dapat menghasilkan 10 juta ton berlian seperti yang dipaparkan Baines dalam hasil penelitiannya.   

Beberapa peneliti mengungkapkan bahwa mereka telah menemukan planet 55 Cancrie. Planet dengan ukuran 2 kali lipat bumi yang dijuluki sebagai planet berlian. Karena memang planet ini dipenuhi oleh batu mulia di permukaan hingga bagian dalamnya.



Planet dengan kandungan batu mulia ini diklasifikasikan sebagai super earth. Radius planet 55 Cancrie sebesar dua lipatnya bumi. Diperkirakan juga planet berlian ini mempunyai berat 8 kali dari planet yang kita huni.

Planet 55 Cancrie mengorbit pada sebuah bintang yang persis dengan matahari, lokasi planet tersebut berada di rasi Cancer dan berorbit dengan kecepatan luar biasa. Yakni hanya memerlukan waktu sekitar 18 jam untuk menggenapkan satu tahun. 

Namun jangan dibayangkan planet ini dapat dihuni oleh manusia, karena suhu rata-ratanya adalah 2.148 derajat Celcius. Dan tidak mengandung air sama sekali, dikarenakan memang komposisinya adalah karbon, besi, silicon karbida, silikat. Sebagian besar dari karbon tersebut berbentuk berlian dan grafit. 



Ketua penelitian menyatakan bahwa baru kali ini para peneliti menemukan planet yang sangat berbeda dengan Bumi. Perbedaan itu ditimbang dari kimia dasar yang membentuk planet 55 Cancrie.




[ bmw / uniqpost / rol ]
View

Related

RAGAM 8530695745488537950

Posting Komentar

Follow us

Terkini

Facebook

Quotes



















ads

loading...

Connect Us

loading...
item